SOSIALISASI KITAS ONLINE DAN PEMBAYARAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) MELALUI APLIKASI SIMPONI


Senin, 09 Oktober 2017

SURABAYA (9/10/2017) – Demi meningkatkan pelayanan keimigrasian yang lebih baik, Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak mengadakan Sosialisasi tentang Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) yang berbasis online dan Pembayaran Negara Bukan Pajak (PNBJ) Melalui Aplikasi Simponi, Senin (9/10).


Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Majapahit Surabaya serta dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak, Romi Yudianto dan Kepala Divisi Keimigrasian, Mohammad Yanis. Dalam sambutannya, Kadivim yang juga membuka acara pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa saat ini banyak inovasi-inovasi yang coba dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.


“Kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan yang positif karena kedepannya kami akan mengupayakan seluruhnya berbasis IT. Hal itu dimaksudkan untuk mempercepat serta mempermudah proses keimigrasian”, kata Kadivim Moh.Yanis.


Mohammad Yanis juga mengatakan bahwa dirinya sangat terbuka jika ada masyarakat yang ingin bertanya atau melaporkan keluhan tentang keimigrasian yang menggunakan aplikasi SIMPONI.


Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 75 undangan disebar ke sejumlah perusahaan sponspor tenaga kerja asing (WNA), Perguruan Tinggi dan Pondok Pesantren yang mencakup wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak. Ada 2 narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut yaitu Dani Cahyadi selaku Kasubag Pengelolaan PNBP dan Tesar Bayu Setyadi selaku Kasi Izin Tinggal Terbatas.


Dalam penyampaian materinya, Dani Cahyadi memaparkan penggunaan KITAS Online yang saat ini dapat di proses secara online melalui website izintinggal.imigrasi.go.id. Sedangkan Tesar Bayu Setyadi memberikan arahan tentang Pembayaran PNBP melalui aplikasi SIMPONI.


Tamu undangan yang hadir sangat antusias dengan adanya sosialisasi tersebut. Hal itu terbukti dari banyaknya penanya saat dibukanya sesi tanya jawab. Kasi ITAS juga menyampaikan bahwa saat ini Direktorat Jenderal Imigrasi terus berupaya untuk memperbaiki berbagai kekurangan yang ada demi meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik. (ap)

  • kanim_tgperak@imigrasi.go.id

  • +62 31 731 5570

  • Jl. Darmo Indah No. 21 Surabaya