TIPS and TRICKS pengurusan paspor


Rabu, 26 Desember 2012


 


Pergantian tahun sudah di depan mata. Bertepatan dengan liburan akhir semester di dunia pendidikan, akhir tahun seringkali merupakan saat yang dinanti-nanti untuk menikmati liburan bersama keluarga. Biro perjalanan wisata berlomba-lomba menawarkan paket perjalanan wisata dengan harga menarik untuk menikmati liburan, baik domestik maupun manca negara.


Bepergian ke luar negeri tak banyak berbeda dengan bepergian ke dalam negeri. Bepergian ke luar negeri bisa menjadi pengalaman menarik dalam hidup apalagi untuk pertama kalinya. Untuk berpergian ke luar negeri, jelas Anda perlu persiapan yang lebih matang dibandingkan perjalanan domestik. Anda diwajibkan untuk melewati proses pemeriksaan imigrasi setiap perjalanan keluar maupun masuk Indonesia. Pemeriksaan imigrasi meliputi pemeriksaan dokumen perjalanan Anda, yang umumnya berupa paspor. Berikut tips and tricks yang berkaitan dengan paspor RI.


1.       Pastikan Anda memiliki dokumen perjalanan (paspor) yang masih berlaku minimal 6 bulan dari rencana keberangkatan Anda.  Bila paspor Anda kurang dari 6 bulan, maka Anda akan ditolak keberangkatannya oleh petugas imigrasi Indonesia. Hal ini disebabkan oleh adanya kesepakatan internasional bahwa untuk masuk ke suatu negara paspor Anda harus berlaku minimal 6 bulan. Sehingga, demi melindungi warga negara Indonesia tertolak pada saat memasuki negara yang dituju, maka paspor dengan masa berlaku kurang dari 6 bulan akan ditolak keberangkatannya.


2.       Bila paspor Anda perlu diperbarui atau dibuat untuk pertama kalinya, pastikan pada saat tanggal keberangkatan Anda paspor tersebut sudah selesai. Bila perlu, jangan membeli tiket penerbangan sampai paspor sudah di tangan Anda. Pada umumnya pembuatan paspor di Kantor Imigrasi kelas I Tanjung Perak, membutuhkan waktu 7-10 hari kerja (tergantung jumlah permohonan yang diproses dan disesuaikan dengan jumlah peralatan dan sumber daya manusia yang ada di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak). Dengan ketentuan maksimal 4 hari setelah proses wawancara selesai.


3.       Untuk mempermudah proses pembuatan paspor Anda, pastikan data dan lampiran pada permohonan tersebut lengkap, valid dan sah. Data yang dibutuhkan dalam pembuatan paspor meliputi bukti domisili (berupa KTP dan KSK) dan bukti diri (berupa akta lahir atau ijazah atau surat nikah serta bukti warganegara Indonesia bila diperlukan).


4.       Untuk minor traveller atau anak harus didampingi oleh orang tua atau walinya yang sah. Sehingga pada saat pembuatan paspor, selain akta lahir dan KSK anak tersebut harus dilampirkan pula KTP, surat nikah, dan paspor kedua orangtua.


5.       Manfaatkan SMSCare Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak untuk pertanyaan, kritik, maupun saran melalui pesan singkat ke nomor 081234 333 700. SMSCare juga bisa digunakan untuk pengecekan status permohonan paspor Anda dengan format: paspor(spasi) 13 digit nomor permohonan. Contoh: paspor 1371000000123456.


6.       Ingat, paspor bukan sekedar dokumen perjalanan. Namun paspor merupakan bentuk perlindungan negara kepada warganya. Untuk itu, jaga baik-baik paspor anda agar tidak berpindah tangan atau dikuasai orang lain.


Demikian tips and tricks pengurusan paspor dari kami, have a nice holiday ^,^


  • kanim_tgperak@imigrasi.go.id

  • +62 31 731 5570

  • Jl. Darmo Indah No. 21 Surabaya